Friday 6 September 2013

Tips Menyimpan Susu Agar Tahan Lama

Pernahkah anda sadar bahwa susu yang telah anda beli basi?atau tidak enak lagi , padahal tanggal kadaluarsa masih lama. Eits jangan terburu buru menyalahkan toko tempat Anda berbelanja. Hal tersebut mungkin saja terjadi karena penyimpanan yang salah.
Penyimpanan Susu Yang Benar
Penyimpanan Susu Yang Benar

Berikut ini tips menyimpan susu agar tahan lama dan tetap segar :D

·         Susu Segar


susu segar memiliki umur yang lebih pendek dibandingkan susu bubuk ataupun susu yang telah diproses. susu segar hanya berumur tidak lebih dari enam jam jika disimpan dalam suhu ruang, sendangkan bila di lemari pendingin, tidak lebih dari delapan jam.
jadi sebaiknya, taruhlah susu segar pada lemari pendingin dalam keadaan tertutup rapat.

susu segar yang telah basi atau tercemar, ditandai dengan perubahan pada susu. susu menjadi lebih kental, aroma dan cita rasa berubah menjadi asam.



·         susu bubuk


Sejak pembelian perhatikan kemasan, baik kaleng atau dus, kondisinya harus utuh, tidak penyok, robek,  berkarat, kembung atau bocor. Tempat display susu, pilih yang dijual di rak khusus susu, tidak terkena sinar matahari langsung.   


Perhatikan tanggal kadaluarsa, pilih yang tanggalnya masih jauh.

Perhatikan cara penyimpanan yang tertera pada kemasan, misalnya:
Susu bubuk sebaiknya disimpan dalam wadah bertutup rapat. Lebih baik  bila kedap udara.

Jika dalam keadaan kemasan belum dibuka, susu bubuk ternyata dapat bertahan hingga 2 tahun untuk susu bubuk dalam kaleng & enam bulan untuk susu dalam kotak karton, juga sachet. Jadi sebaiknya, simpan susu bubuk pada kaleng tertutup rapat, agar lebih tahan lama.

susu bubuk yang telah basi atau tercemar, ditandai dengan perubahan partikel pada susu, bisa menggumpal (akibat penyerapan uap air dari udara) , berbau tengik (akibat iksidasi lemak karena panas)dan warnanya telah berubah.



·         susu yang sudah diproses


susu yang telah diproses, misalnya :

a. Susupasteurisasi  harus disimpan pada suhu rendah (5-7 ÂșC).  susu pasteurisasi yang belum dibuka dalam lemari pendingin dan dapat bertahan hingga tujuh hari dan jika sudah dibuka, hanya dapat bertahan hingga 1-2 hari.



b. Susu Strelisasi, susu evaporasi dan susu kental manis lebih tahan lama. bila kemasan belum dibuka, susu dapat bertahan hingga setahun loh..

bila sudah kontak dengan udara luar, simpan susu di dalam lemari pendingin.
susu strelisasi dapat bertahan hingga lima hari dan susu kental manis & susu evaporasi dapat bertahan hingga satu bulan.


Di sarikan dari sumber:
  • http://www.medicalera.com/3/6854/tips-menyimpan-susu
  • http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/balita/tips/membeli.dan.menyimpan.sufor/001/005/1142/1/1

0 comments:

Post a Comment