Saturday 7 September 2013

Brokoli Mencegah Kerusakan Sendi

Tidak salah jika para ahli kesehatan selalu menganjurkan untuk memperbanyak konsumsi sayuran. Terutama bagi mereka yang mulai memasuki usia paruh baya.
Konsumsi brokoli cegah osteosrthritis
Konsumsi brokoli cegah osteoarthritis
Baru-baru ini sebuah penelitian menyebutkan bahwa brokoli dapat memperlambat dan mencegah kerusakan sendi atau osteoarthritis, penyakit yang kerap mengintai seiring bertambahnya usia.
Tim peneliti dari Universitas East Anglia melakukan pengujian pada 20 pasien osteoarthritis dengan memberi mereka dosis harian brokoli.
Tentunya brokoli yang diberikan pada pasien telah melalui rekayasa genetika untuk meningkatkan kandungan nutrisi di dalamnya. Brokoli itu merupakan hasil persilangan antara brokoli standar dan kerabat liar dari Sisilia.
Para peneliti mengatakan brokoli yang dikonsumi ini mengandung glucoraphanin dan tubuh kemudian akan mengubahnya menjadi sulforaphane, yang bermanfaat untuk melindungi sendi.
Rose Davidson selaku pimpinan peneliti mengatakan,seperti dilansir BBC.
“pasien diminta untuk makan 100 gram setiap hari selama dua minggu,” 
Meski dua pekan tidak cukup untuk membuat perubahan besar, Davidson berharap itu cukup untuk memberi bukti super brokoli bisa menguntungkan manusia.
“Saya tidak bisa membayangkan itu akan memperbaiki atau membalikkan arthritis. Tapi mungkin ada cara untuk mencegahnya,” ujarnya.
Timnya akan mencari bukti bahwa sulforaphane bisa menyebar ke sendi yang membutuhkan dan kemudian terjadi perubahan yang bermanfaat pada tingkat sel.
Meski belum menunjukkan hasil positif, namun temuan tim Dr Davidson bisa menjadi harapan bagi penderita penyakit osteoarthritis. (dan)

Sumber : 
  • http://duniafitnes.com/news/makan-brokoli-bisa-sembuhkan-osteoarthritis.html

0 comments:

Post a Comment