Wednesday 4 September 2013

,

Tips Perawatan Rambut Untuk Wanita Berjilbab/Hijab

Bagi kaum hawa rambut ibarat mahkota yang menjadi bagian penting bagi dirinya. Mempunyai rambut yang indah adalah dambaan bagi setiap wanita karena bagaimanapun rambut adalah mahkota yang paling dibanggakan. Beragam cara wanita lakukan untuk tetap sehat dan indah. Namun, sering kali wanita mengeluhkan cara perawatan rambut yang tidak tepat, khususnya bagi wanita yang mengenakan jilbab. Berikut kutpan pernyataan Dr. Francesca Fusco, Spesialis Perawatan Kulit Kepala salah satu brand shampo terkenal
Bagi wanita yang berhijab atau mengenakan kerudung, merawat rambut harus ekstra, karena rambut yang tertutup berpotensi lebih mudah rontok dan berketombe. "Beberapa masalah rambut menjadi problem yang harus dihadapi wanita berjilbab. Hal ini karena rambut tertutup rapat setiap harinya," .
Perawatan Rambut
Perawatan Rambut


Berikut beberapa tips perawatan agar rambut dan kulit kepala tetap sehat bagi wanita berjilbab. Dikutip Tabloid Mom & Kiddie dan artikel ningtyasindri

1. Pastikan rambut dalam keadaan kering

Pastikan setiap beres keramas, sebaiknya Anda tidak langsung menggunakan jilbab. Kondisi kepala dan rambut yang masih basah memungkinkan tumbuhnya bau tak sedap, ketombe, dan gatal-gatal pada kulit kepala. Tak hanya itu, rambut yang basah cenderung lebih mudah rontok karena terlalu banyak gesekan. Gunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut jika Anda dalam kondisi terburu-buru.

2. Pakailah jilbab yang menyerap keringat

Mengenakan jilbab dapat menyebabkan kondisi kulit kepala dan rambut menjadi berkeringat. Salah satu cara untuk mengurangi keringat berlebih adalah dengan memilih jenis jilbab yang dapat menyerap keringat seperti jilbab berbahan kaus atau katun.

3. Gunakan jilbab maksimal empat lapis

Anda tipikal wanita yang mengikuti tren berjilbab dengan jilbab berlapis-lapis? Sebaiknya Anda tidak terlalu banyak menggunakan jilbab berlapis. Gunakan jilbab berlapis maksimal empat lapis. Hal ini bertujuan untuk memberikan sirkulasi udara pada rambut agar tetap seimbang.

4. Jangan ikat rambut terlalu kencang

Memiliki rambut yang panjang bagi wanita berjilbab memang sebaiknya diikat agar tidak mengganggu tampilan jilbab dan masih dalam koridor syar’i. Namun, ada baiknya Anda tidak terlalu kencang mengikatnya karena ikatan rambut yang terlalu kencang dapat menyebabkan rambut mudah patah.

5. Hindari jilbab berwarna gelap

Memakai jilbab berwarna gelap di udara yang panas sebaiknya dihindari. Jilbab berwarna gelap lebih cepat menyerap cahaya matahari yang dapat menyebabkan kondisi lembab di sekitar kepala dan rambut. Sebaiknya gunakan jilbab berwarna putih atau terang saat udara sedang panas.

6. Biasakan Keramas teratur

Biasakan keramas teratur dua hari sekali untuk menghilangkan kotoran yang bertumpuk di kulit kepala dan rambut dengan mengenali shampoo yang tepat untuk jenis rambut Anda agar hasilnya maksimal. Menjaga kebersihan dengan baik bisa memperkecil resiko kerusakan kulit kepala dan rambut Anda.

7. Istirahatkan rambut

Sebaiknya Anda mengistirahatkan rambut dengan membiarkan tanpa ikatan. Beri kesempatan rambut Anda untuk bernapas, selain lebih segar, mengistirahatkan rambut dapat mengurangi kelembapan kulit kepala yang bisa menyebabkan kerontokan dan munculnya ketombe.

8. Konsumsi makanan rendah lemak

Setelah melakukan perawatan dari luar, sebaiknya Anda juga melakukan perawatan dari dalam. Mengkonsumsi makanan yang rendah lemak serta kaya akan protein, vitamin B-6, B-12, dan C, serta zat besi dapat menutrisi rambut secara alami. Kacang-kacangan, bayam, pisang, dapat menjadi pilihan.

9. Pilih Sampo bernutrisi

Gunakan sampo khusus yang mengandung nutrisi bermanfaat untuk menguatkan akar rambut dan menghilangkan ketombe. Pilih sampo yang sesuai jenis rambut dan kondisi kulit kepala.

10. Pilih Kondisioner yang sesuai

Untuk jenis rambut berminyak dapat menggunakan conditioner yang sesuai dengan jenis rambut sehingga tidak membuat kulit kepala lebih lembap dan berminyak. Kondisioner hanya dipakai untuk yang memiliki rambut panjang supaya pelumasan batang rambut dapat sampai ke ujung rambut.


Sumber :
  • http://ningtyasindri.blogspot.com/2013/08/tips-perawatan-rambut-untuk-wanita.html
  • http://www.tempo.co/read/news/2013/08/08/110503065/5-Cara-Merawat-Rambut-untuk-Wanita-Berjilbab

0 comments:

Post a Comment