Wednesday 28 August 2013

Anoreksia Berhubungan Dengan Ukuran Otak ??

Anoreksia
Anoreksia yang dijumpai pada wanita usia remaja

Peneliti dari Sekolah kedokteran di Universitas Kolorado mengatakan bahwa otak yang lebih besar mungkin menjadi alasan untuk mengapa orang dengan anoreksia mampu menahan lapar, sehingga dapat ditelusuri kemungkinan memprediksi terjadinya gangguan.

Para peneliti mempelajari 19 perempuan remaja dengan anoreksia nervosa, bersama 22 remaja perempuan tanpa gangguan.

Magnetic resonance imaging (MRI) digunakan untuk mempelajari volume otak peserta.Hasil scan mengungkapkan bahwa perempuan dengan anoreksia memiliki volume yang lebih besar pada bagian orbitofrontal kiri insular kanan, dan bilateral temporal cortex gray matter, dibandingkan dengan perempuan yang tidak memiliki anoreksia.

Insula adalah daerah otak yang menjadi aktif ketika kita mencicipi makanan, sedangkan korteks orbitofrontal merupakan bagian dari otak yang memberitahu seseorang untuk berhenti makan.Para peneliti melakukan perbandingan tambahan penelitian ini dengan orang dewasa yang menderita anoreksia, dibandingkan dengan kelompok kontrol sehat. Volume lebih besar pada korteks orbitofrontal dan insula juga ditemukan pada orang dewasa dengan anoreksia.

Fakta bahwa korteks orbitofrontal terkait dengan sinyal ketika seseorang merasa puas setelah makanan menunjukkan bahwa volume yang lebih besar di daerah ini pada otak dapat menunjukkan pola yang menunjukan orang-orang dengan gangguan makan, para peneliti mengatakan.

Mereka menambahkan bahwa pola ini bisa mendorong individu dengan gangguan makan untuk berhenti makan sebelum mereka memiliki cukup makanan, dibandingkan dengan orang yang sehat.

"Korelasi negatif antara rasa kenikmatan dan volume korteks orbitofrontal pada individu dengan anorexia nervosa dapat berkontribusi untuk menghindari makanan dalam gangguan ini," kata penulis studi.

Selain itu, mereka mencatat bahwa insula kanan juga bertanggung jawab untuk persepsi kita tentang citra tubuh. Ini area yang diperbesar pada penderita anoreksia mungkin menjelaskan mengapa mereka percaya bahwa mereka gemuk, meskipun mereka kurus.

Menurut National Association of Anorexia Nervosa dan Associated Disorders (ANAD), anoreksia adalah ketiga penyakit yang paling umum di kalangan remaja, dengan perkiraan 0,5-3,7% wanita cenderung menderita anoreksia selama masa hidup mereka.

Sebuah studi dari Rumah Sakit Anak Cincinnati 2012 mengungkapkan bahwa gangguan makan dapat diprediksi sebelumnya oleh apa yang gadis-gadis makan pada saat mereka anak-anak.

Studi lain dari para peneliti di University of San Diego menunjukkan bahwa respon otak untuk dopamin bisa memprediksi kecemasan untuk makan yang diderita oleh penderita anoreksia.

Penelitian terbaru juga telah mengaitkan anoreksia dengan kondisi lain. Penelitian dari Pusat Penelitian Autisme di Cambridge University di Inggris, mengungkapkan bahwa perempuan dengan anoreksia mungkin memiliki beberapa ciri-ciri yang diamati pada orang dengan autis.

Diterjemahkan dari catatan Honor Whiteman dengan penambahan seperlunya
Sumber : http://www.medicalnewstoday.com/articles/265196.php

0 comments:

Post a Comment