Thursday 15 August 2013

Trik Belanja Hemat dan Tetap Sehat

B
anyak orang yang beranggapan bahwa untuk memenuhi kebutuhan makanan yang sehat itu mahal. Sehingga mereka beralih mengkonsumsi makanan yang kurang sehat namun murah harganya. Namun yang sebenarnya tidaklah demikian. Apalagi jika anda membandingkannya dengan biaya pengobatan yang jelas jelas memerlukan biaya yang tidak sedikit. Entah biaya obat-lah, biaya ini lah, biaya itulah. Yang tentunya halini akan lebih merugikan anda.
Trik Belanja Hemat & Sehat
Oleh karena itu untuk mensiasatuinya ada banyak cara. Salaha satu hal yang akan ditekankan di sini adalah kaitannya dengan kebiasaan berbelanja anda.
Nah maka dari itu kami akan memberikan trik belanja hemat dan tetap sehat.

1. Rencanakan Menu Mingguan Anda
Saat berbelanja tanpa “panduan” daftar kebutuhan tentunya anda akan cenderung menentukan mana yang prioritas. Alhasil anda cenderung belanja yang anda inginkan bukan yang anda butuhkan bahkan konsumtif. Hal ini selain akan menambah pengeluaran untuk pos pengeluaran biaya mingguan juga secara tidak langsung akan menambah asupan kalori pada tubuh anda akibat asupan makanan yang berlebihan. Dengan trik ini anda akan dapat merencanakan daftar kebutuhan yang akan di beli di supermarket/pasar tradisional.

2. Beli Makanan dalam Jumlah Banyak
Hal ini berkaitan dengan diskon yang biasanya diberikan toko kepada pembelinya yang membeli secara “whole sale”. Dengan demikian anda akan lebih hemat dalam post pengeluaran.

3. Beli Bahan Makanan Segar
Kebanyakan bahan makanan olahan yang mengandung lemak yang tinggi harganya cenderung lebih mahal. Oleh karena alasan itulah maka kami rekomendasikan anda untuk membeli bahan makanan segar seperti sayuran segar, buah-buahan, ikan, daging, unggasm,dan sebagainya. Selain lebih murah juga lebih sehat.

4. Memilih sumber protein
Protein merupakan asupanyang tak bisa terlewatkan dalam menu makanan anda sehari hari. Anda dapat kombinasikan protein hewani dengan protein nabati seperti kacang kacangan.

5. Diskon
Anda perlu selektif dan memperhatikan barang diskon tersebut apakah kualitasnya tetap baik, masih dapat disimpan lama

6. Bawa Snack Sendiri
Terkadang waktu yang anda perlukan untuk berbelanja terbilang cukup lama. Bahkan anda kerap kali membeli snack lalu ngemil. Hal itu lah yang biasanya tidak kita sadari seberapa banyak asupan kalori yang berlebihan dan pengeluaran yang berlebihan pula untuk membeli snack tadi.

7. Makan di Rumah
Makan masakan rumahan selain sehat juga hemat, Terkadang bagi anda yang tidak berkesempatan untuk sekedar keluar untuk makan siang, atau jarak yang jauh untuk makan siang. Membawa makanan dari rumah dapat menjadi pilihan bagi anda.

8. Masak Lebih Banyak Bekukan Sebgaian
Masaklah makanan dalam porsi besar, lalu Anda bisa bekukan sebagai makanan itu untuk antisipasi ketika Anda sedang berada dalam aktivitas yang sangat padat.

9. Menanam di Rumah
Tanamlah pohon buah buahan seperti apel,mangga, rambutan belimbing. Ataupun sayuran. Selain berguna untuk penghijauan, tanaman ini juga tergolong produktif dan dapat bermanfaat ketika panen.

10. Makanan Sehat Rendah Kalori
Selain membantu menurunkan berat badan, hasil penelitian menunjukkan bahwa makanan rendah kalori berguna untuk mencegah obesitas dan penyakit diabetes.
Selamat berbelanja sehat!

0 comments:

Post a Comment